Logo
Print this page

Tips Menjalin Relasi Baik dengan Rekan Kerja

Ilustrasi gambar : interaksi beberapa pegawai Saujana Image Ilustrasi gambar : interaksi beberapa pegawai

Bagi mereka yang baru menapaki dunia kerja, tentu merasakan kecanggungan-kecanggungan, khususnya dalam bersikap profesional sambil tetap menjaga hubungan baik dengan rekan kerja. Berikut tips yang bisa anda terapkan agar kita tetap bisa menjadi karyawan profesional yang peduli dengan rekan kerja kita:

  • Senyum, sapa dan salam
    Biasakan ketika anda bertemu atau berpapasan dengan rekan kerja tersenyumlah, jika memungkinkan sapalah, dan ucapkan salam. Ini berlaku dimanapun tidak hanya di tempat kerja, namun diluar jam kerja usahakan lakukan hal tersebut. Kebiasaan ini akan menumbuhkan keakraban antara anda dan rekan kerja anda.

  • Berkata apa adanya atau jujur
    Untuk menjadi pribadi yang baik, anda harus selalu berkata jujur, tidak dibuat-buat, apa adanya, tanpa mengimbuhi atau mengurangi perkataan untuk menjadikan anda pribadi yang hebat. Karena setiap kita melakukan kebohongan dalam berkata, maka kita akan membutuhkan kebohongan lagi untuk menutupi kebohongan tersebut. Dengan kita selalu berkata jujur kepada rekan kerja maka kita akan selalu dipercaya dalam setiap hal.

  • Menjadi pendengar yang tulus
    Ketika rekan kerja mengalami kesulitan dalam menjalankan pekerjaannya, dan jika kita dimohon untuk dimintai pendapat maka dengarkan rekan kerja anda tersebut dengan seksama, bantulah dia jika anda mampu membantu. Dengan catatan ketika rekan anda meminta bantuan kepada anda, anda sedang tidak mengerjakan hal yang sifatnya prioritas atau dalam proses mengejar deadline.

  • Saling menghormati
    Apapun perbedaan yang ada antara anda dan rekan kerja, anda harus saling menghormati. Baik dalam kepercayaan, usia, suku atau ras, bahkan cara pandang terhadap suatu hal. Selagi itu tidak merugikan anda yang berada dalam lingkungan yang berbeda tersebut, maka kita harus selalu menghargai keberagaman. Bukankah dengan keberagaman kita akan mendapati banyak sudut pandang yang tentunya menjadi kelebihan tersendiri bagi pengambilan keputusan.

  • Menghargai privasi
    Mencampuri kehidupan pribadi rekan kerja adalah hal yang paling harus dihindari. Setiap orang memiliki privasinya masing-masing, ketika kita dalam dunia kerja yang harus dibicarakan adalah pekerjaan, jangan pernah bertanya tentang privasi rekan kerja, karena itu akan mengganggu konsentrasi rekan kerja anda tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan rekan kerja anda meminta pendapat anda mengenai kehidupan pribadinya. Bantulah sebisa mungkin.

  • Ajakan keluar bersama (makan siang)
    Ketika jam makan siang tiba, ajaklah sesekali rekan kerja anda untuk makan bersama. Disinilah waktu yang tepat untuk membicarakan hal di luar pekerjaan. Namun hindarilah untuk membicarakan rekan kerja yang lain, karena itu akan menimbulkan hal yang negative dikemudian hari.

  • Humor
    Lontarkanlah humor-humor segar di saat yang tepat. Hal ini akan berguna untuk memecah kekakuan suasana kerja atau manghangatkan kembali hubungan dengan rekan kerja yang sedang "dingin". Anda juga bisa memperlihatkan video-video lucu yang anda temukan lewat internet (misalnya), sekadar untuk tertawa bersama. Tentunya anda harus bisa memilih waktu yang tepat untuk menerapkan tips ini.

Terakhir dan yang paling penting adalah menjadi diri sendiri. Tidak ada seorangpun yang suka dengan kepura-puraan, walaupun itu kelihatannya baik di mata orang lain. Keaslian jati diri merupakan hal yang paling dihargai dalam hubungan antar manusia. Hal ini bukan berarti bahwa anda tidak boleh bermanis-manis hanya untuk berbasa basi. Dalam budaya kita, basa basi masih sangat diperlukan dalam batas kewajaran tertentu.

Last modified onFriday, 17 March 2017 02:49
Dikembangkan dan kelola oleh Saujana Indonesia
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.