Logo
Print this page

Duduknya Seorang Pekerja Kantoran

Ilustrasi posisi duduk Gambar pribadi Ilustrasi posisi duduk

Bagi seseorang pekerja kantoran, rata-rata 6-7 jam sehari dihabiskan dibelakang meja, terlebih lagi bagi pekerja dengan disabilitas daksa. Nah, untuk menghilangkan penat dan rasa kaku di seluruh tubuh, berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan.

  • Posisi duduk
    Duduklah dengan sikap tegak. Ini menjaga agar tulang belakangmu tetap lurus dan tidak bengkok atau sclerosis akibat salah duduk.

  • Luruskan kedua kaki
    Sekilas memang terdengar sederhana, tetapi tindakan seperti ini memberikan efek yang cukup signifikan karena peredaran darah dari dan menuju bagian bawah tubuhmu menjadi lancar.

  • Hindari menatap layar komputer atau laptop secara terus-menerus
    Agar mata terhindar dari rasa lelah, jangan menatap layar komputer terus-menerus karena ini mengakibatkan mata kamu cepat lelah. Alihkan pandangan sesekali ke obyek yang ada di sekeliling. Kalau tempatmu bekerja terdapat jendela yang memungkinkan kamu melihat keluar, itu lebih menguntungkan lagi.

  • Lakukan peregangan
    Lakukan peregangan sejenak agar tubuh kamu bisa relaksasi, disamping bisa meregangkan otot-otot yang kaku hal ini juga bisa menghilangkan rasa pegalmu di saat pekerjaanmu lagi banyak-banyaknya. Peregangan tidak melulu harus berdiri, bisa dilakukan dengan cara duduk, kok. Misalnya posisi duduk dengan kedua tangan di angkat ke atas dan tahan selama 5 s/d 10 detik,

  • Minum air putih
    Sebagai seorang dengan rutinitas kerja dalam ruangan dan hanya duduk, tetap jangan lupa untuk konsumsi air putih, ya. Karena ini menghindarkan kita dari berbagai masalah kesehatan yang bisa mengancam diri kita.

  • Istirahat siang
    Saatnya kamu harus beristirahat siang karena tubuh kamu juga butuh itu, manusia tidak bisa bekerja secara penuh. Bawalah bekal makanan dari rumah atau bisa juga keluar kantor sekedar untuk membeli sesuatu untuk makan siangmu.

  • Cuci muka
    Cara ini sangat efektif untuk mengusir kantuk, untuk kamu yang beragama Islam bisa sekalian wudhlu karena dengan berwudhlu bisa membuat wajahmu tampak fresh kembali.

Dengan melakukan aktifitas fisik atau gerakan bisa membuat tubuhmu menjadi rileks dan bugar sepanjang hari dan tidak harus dengan olahraga yang berat. Bekerja itu merupakan aktifitas fisik yang menguras energi dan tenaga, untuk itu pintarlah dalam menjaga kesehatanmu. Karena hidup ini bukan melulu soal uang tapi juga diimbangi jiwa raga yang sehat. Karena kesehatan merupakan modal utama untuk kita bisa tetap beraktifitas.

Last modified onFriday, 18 September 2015 05:00
Dikembangkan dan kelola oleh Saujana Indonesia
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.